BINGUNGBACA – Ingat, semua makanan ini gampang dicari dan ada di pasar ataupun supermarket sekitar kita. Jadi, jangan khawatir!

Dikutip dari Steroplast Healtcare, setidaknya dari jutaan bahan makanan yang ada di bumi, ada 10 jenis yang paling sehat.

  1. Bayam

Kalau di film kartun Popeye saja bayam jadi makanan primadona, maka seharusnya begitu juga untuk kita. Bayam adalah makanan super padat nutrisi. Di planet ini, bayam termasuk makanan tersehat sebab punya energi sementara rendah kalori, selain juga merupakan sumber vitamin A, K, dan folat esensial.

  1. Bawang putih

Bikin napas bau iblis? Tentu. Tapi, jangan sepelekan kandungan dan manfaat bawang putih. Bahan dapur ini telah digunakan untuk melawan penyakit selama ratusan tahun karena khasiatnya yang bisa menghambat pertumbuhan bakteri.

Bawang putih secara klinis juga mampu menurunkan kolesterol, tekanan darah, sekaligus antiinflamasi yang kuat.

  1. Lemon

Siapa yang berani menentang kalau lemon masuk kategori benda yang bisa dimakan tersehat? Bahkan industri kesehatan pun mengakuinya.

Dijelaskan, buah yang rasanya asam biasanya adalah makanan yang bersifat alkali. Artinya, memiliki kualitas antiinflamasi yang kuat dan bahkan, dapat membantu menghambat pertumbuhan sel kanker.

Selain itu lemon juga baik untuk hati dan usus. Jumlah vitamin C-nya sama dengan jeruk biasa.

Jadi, bersyukurlah karena di dunia ini ada lemon, lalu iris dan campurkan ke minumanmu.

  1. Cokelat hitam

Kaget kalau cokelat masuk kategori makanan tersehat? Oh, jangan salah. Penelitian menunjukkan bahwa cokelat mengandung lebih banyak antioksidan dalam gram demi gramnya daripada kebanyakan jus buah.

Kandungan antioksidan yang tinggi (yang setara atau lebih besar dari banyak makanan super) mampu memberikan perlindungan dari radikal bebas penyebab penyakit. Jadi cokelat hitam ini bisa membantu mencegah kanker, meningkatkan kesehatan jantung, dan baik untuk kolesterol kamu secara keseluruhan. Dan yang terpenting, penguat suasana hati yang alami. Jadi, kamu bakal merasa nyaman dan senang saat memakannya.

Tapi, ingat. Ini bukan berarti kamu boleh makan cokelat hitam sepuasnya. Sesuatu yang berlebihan tentu tidak baik. Jumlahnya sedang saja. Satu atau dua potong (kotak) per hari sudah cukup. Porsi itu bermanfaat tanpa harus menambah berat badan.

Namun, pastikan untuk beli cokelat yang kandungan kakaonya minimal 70%.

  1. Kacang-kacangan

Di Timur Tengah dan India, ini adalah bagian penting dari masakan mereka selama ribuan tahun. Berkat pengalaman itu, sekarang kebiasaan ini telah sampai ke seluruh belahan dunia.

Salah satunya adalah kacang lentil yang kaya serat dan protein. Manfaat nutrisinya meliputi kemampuan untuk meningkatkan dan menjaga kesehatan jantung, membantu penurunan berat badan lebih sehat, melawan fluktuasi gula darah yang dapat menyebabkan diabetes atau tingkat energi yang rendah, dan meningkatkan kesehatan pencernaan.

Kalau kamu seorang vegetarian, kamu pasti tidak asing sama kacang satu ini. Bahkan biasanya para vegan menjadikan lentil sebagai pengganti daging dalam resep makanan mereka.

  1. Raspberi

Raspberi adalah jenis beri yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Buah ini dipenuhi antioksidan, vitamin C, dan zat besi. Penelitian menunjukkan, orang yang sering mengkonsumsinya risiko obesitas, diabetes, dan penyakit jantungnya berkurang. Selain itu, mereka juga bilang kalau kulit jadi lebih sehat, meningkatkan energi, dan menurunkan berat badan secara keseluruhan.

Jadi, kalau-kalau dalam waktu dekat kamu pergi ke mal, jangan lupa masukkan buah ini ke keranjangmu.

  1. Kenari

Burung? Bukan, dong.

Sebenarnya kenari masuk di dalam keluarga kacang-kacangan. Hanya, benda satu ini dipisahkan sebab punya antioksidan paling tinggi daripada kacang-kacang lainnya. Selain itu kenari juga tinggi vitamin E, minyak omega 3, dan lemak sehat.

Studi bahkan menunjukkan kalau kenari sama bagusnya dengan minyak zaitun dalam mengurangi peradangan dan oksidasi di arteri setelah kita makan makanan berlemak.

Tapi, makan kenari sedang-sedang saja, ya. Karena kalau kebanyakan, pasti tidak baik. Saran ahli, 8 biji saja per hari sudah cukup baik untuk kesehatan.

  1. Ikan salmon

Salmon merupakan sumber asam lemak omega 3 yang sangat baik. Makan salmon dengan porsi cukup dapat menurunkan risiko depresi, penyakit jantung, dan kanker.

Satu porsi (80 ml) mengandung hampir 50% dosis harian niacin yang bisa melindungi tubuhmu dari alzheimer dan kehilangan memori. Makanya niacin dikenal sebagai makanan otak, karena tinggi protein, vitamin dan mineral potasium, selenium, dan vitamin B12.

  1. Alpukat

Alpukat atau pokat, kita sering bilang, mengandung manfaat lemak tak jenuh tunggal, kalium, folat, dan vitamin K, C, B5, B6, dan E.

Pokat punya kandungan asam lemak sehat jantung dan tinggi serat. Manfaatnya sering memakannya adalah menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida, melindungi mata, meredakan gejala radang sendi, dan dapat membantu mencegah kanker.

  1. Sayur bit

Meski agak asing, tapi sayuran ungu ini termasuk makanan tersehat juga. Bit baik untuk otak dan dapat menurunkan tekanan darah. Bahkan belakangan ada klaim kesehatan yang menyatakan bit mampu membantu mencegah demensia.

Sayuran akar atau umbi ini dipenuhi folat, magnesium, dan vitamin C.

Jadi, meski kita punya versi masing-masing, tapi setidaknya 10 makanan di atas kenyataannya memiliki vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan tubuh manusia untuk berfungsi dengan baik. Apalagi, hampir semuanya enak dan menyenangkan untuk dimakan. So, tunggu apa lagi?

Bagikan Tulisan Ini

2 Comments

  1. Mantap tips nya, BW from Alicyborg Magazine

  2. Saya paling suka dengan buah alpukat. Ternyata bagus juga untuk kesehatan
    #bloggerkalong
    #grupC4C

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mungkin Kamu Tertarik