Akhirnya Adsense Bingungbaca Jalan Lagi Usai 30 Hari Penangguhan

BINGUNGBACA – Akhirnya setelah 30 hari penangguhan, Adsense Bingungbaca aktif lagi. Per hari ini, Kamis, 28 Oktober 2021.

Bingungbaca ditangguhkan Google dari iklan karena dua pengurusnya, saya dan Pralegi enggak tahu apa-apa soal tata kelola dan aturan yang berlaku. Karena ingin segera sukses dan kaya dari website, akhirnya kami ikut-ikut aja waktu ada yang ngajak gabung grup click for click (C4C).

Setelah penangguhan, kami akhirnya tahu bahwa tak boleh ada paksaan, bahkan sekadar ajakan kepada pembaca untuk klik iklan, pun membuka link yang disebar. Jadi, ya cukup disebar saja. Biarkan pembaca memilih apakah artikelnya mau dibaca atau tidak.

Di internet, sampai saat ini saya belum ketemu artikel yang membahas tuntas kegiatan C4C. Entah, mungkin karena memang aktivitas ini pada dasarnya ilegal, atau karena sungguh tidak ada satu pun formula pasti agar C4C aman dari pantauan tim Google.

C4C, mudahnya adalah kegiatan saling klik (baik itu halaman ataupun iklan) antarblogger. Jadi, saya masuk dalam grup Whatsapp yang berisi sekitar 30 blogger. Setiap malam, kami akan membuat daftar siapa saja yang akan tukar klik.

Setelah daftar terkumpul, aktivitas C4C pun mulai. Setiap anggota harus menunjukkan bukti telah klik-klik website anggota lain dengan mengirim screenshot histori pencarian. Begitu terus sampai seluruh website yang ikut C4C terjelajahi. Istilahnya: blog walking (BW)

Dengan kegiatan seperti ini, per hari Bingungbaca bisa meraup hingga Rp45.000. Saya awalnya mikir, ini bisa dijadikan pekerjaan sampingan yang sangat menjanjikan. Modal kami cuma kekuatan bola mata menahan cahaya dan kuota. Toh, BW 30 website paling lama cuma menghabiskan waktu 2 jam. Satu bulan, matematikanya kami bisa dapat kurang lebih Rp1,5 juta.

Tapi ternyata, seperti yang awal saya katakan, ini aktivitas ilegal. Curang. Tim Google mendeteksi aktivitas mafia-mafia web yangg saling bekerja sama ini. Akhirnya kami dapat penangguhan. Penghasilan kami dipotong beberapa ribu. Google dalam email menyebut, apabila setelah penangguhan kami masih melakukan kegiatan ilegal ini, Adsense kami benar-benar akan ditarik, dicopot, dan penghasilan kami praktis menguap begitu saja.

Kawan-kawan di grup terus mencari tahu cara mengakali Google. Ada yang dengan 10 kali klik unggahan, 2 kali klik iklan. Ada yang bilang harus scroll iklan sampai bawah, dsb. Namun, tidak ada formula pasti. Meskipun ada, 30 kepala tak bisa dipercaya semua. Pasti ada yang tidak ikut aturan. Dan yang terdampak, website orang lain, website kita.

Entahlah ya, mungkin tim Google berpikir seperti ini: kok di jam segini selalu rutin ada aktivitas berlebihan daripada jam biasanya, terus hitungannya pasti 10 klik unggahan dan 2 klik iklan. Google menyebut hal itu dengan istilah invalid click. Kegiatan yang dicurigai. Klik yang tidak sah.

Saya dan Pralegi tobat main C4C, kami tak mau BW lagi–paling tidak untuk sementara waktu. Kami mau main aman saja. Selain agar website kami tumbuh dengan baik, melakukan sesuatu yang ilegal tentu hasilnya haram. Setidaknya begitu kami berpikir.

Kalau teman-teman lain masih akan BW dan C4C, monggo. Tapi, masalah di kemudian hari tanggung sendiri, dan sepengalaman saya rasanya sakit sekali. 30 hari itu lama, lho. Bahkan dari pengakuan blogger lain, ada yang sampai 90 hari.

Begitu saja. Salam dari Pekanbaru.

Bagikan Tulisan Ini

5 Comments

  1. Betul bang main aman aja, jjadikan blog itu hobi, yg penting tulisan bermanfaat buat org lain

    1. Alhamdulillah ada yang setuju 😂

  2. The next time I learn a blog, I hope that it doesnt disappoint me as much as this one. I mean, I do know it was my option to read, but I really thought youd have one thing interesting to say. All I hear is a bunch of whining about something that you can fix in case you werent too busy looking for attention.

  3. Spot on with this write-up, I truly suppose this website wants far more consideration. I抣l probably be again to learn far more, thanks for that info.

  4. Thanks for discussing your ideas on this blog. Furthermore, a fairy tale regarding the banks intentions while talking about foreclosures is that the traditional bank will not getreceive my installments. There is a specific amount of time the bank requires payments here and there. If you are as well deep in the hole, they are going to commonly require that you pay the actual payment 100 . However, i am not saying that they will not take any sort of installments at all. Should you and the standard bank can have the ability to work anything out, your foreclosure procedure may stop. However, should you continue to miss payments in the new strategy, the foreclosed process can just pick up from where it was left off.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mungkin Kamu Tertarik