Beberapa Tanaman Darat yang Bisa Hidup di Air, Pasti Kalian Tahu

Tanaman Hias

BINGUNGBACA – Sejak pandemi jadi isu internasional, saya punya banyak ide memanfaatkan sisa hidup di muka bumi. Salah satunya menanam.

Namun, karena menanam butuh perawatan, khususnya disiram–dan itu menambah daftar kewajiban saya selain salat dan puasa di bulan ramadan, makanya saya memilih tanaman yang bisa hidup di air saja.

Berikut tanaman darat yang ternyata bisa hidup di air versi pengalaman saya.

  1. Sirih Gading

Sebelum melakukan penanaman, saya tentu mencari tahu dulu di internet. Dan, sirih gading adalah tanaman paling direkomendasikan.

Cara membuat tanaman darat ini jadi tanaman air cukup mudah. Tinggal dipotek, lalu cemplungkan ke dalam botol berisi air. Tunggu beberapa hari, abrakadabra, akarnya bakal memanjang. Itu tandanya sirih gading hidup.

Untuk perawatan, selama ini saya hanya menambah airnya saja kalau-kalau menguap karena panas. Pupuknya juga cuma NPK padat yang saya masukin setengah sendok teh.

  1. Nyanyian dari India
Nyanyian dari India (Song of India/dokumentasi pribadi)

Saya sebenarnya ragu apakah tanaman ini memang bisa hidup di air. Soalnya, tidak ada tampang-tampang ‘lembab’ pada perawakannya. Cuma, ibu saya dengan yakin bilang bahwa dulu sewaktu dia kerja di kampung, teman-temannya banyak yang menjadikan nyanyian dari India sebagai tanaman hias di botol.

Tingkat keberhasilan menjadikannya tanaman air, terus terang masih saya ragukan. Hanya, setelah lebih dua minggu di dalam botol, wujudnya tak banyak berubah. Cuma daunnya gugur satu per satu. Entah itu pertanda apa.

  1. Pellionia
Pellionia (dokumentasi pribadi)

Tanaman yang sering dijadikan tanaman gantung ini, awalnya juga saya coba-coba saja mentransformasikannya menjadi tanaman air. Ternyata bisa, meski tidak sukses.

Pellionia saya hidup, kadang kokoh, lebih sering loyo, tapi tidak mati. Dan tumbuhnya akar menunjukkan keberhasilannya beradaptasi dengan dunia baru. Perkara pellionia ini akan berkembang, itu urusan nanti. Yang pasti, ia terus ada dan hidup.

  1. Portulacaria Afra
Kayaknya sih ini Portulacaria Afra (dokumentasi pribadi)

Kayaknya sih ini memang jenis tanaman ini. Soalnya saya enggak tahu namanya, dan waktu saya cari tahu di internet, jenis ini yang paling mendekati.

Kalau tanaman ini, asli, tangguh banget. Soalnya saya coba tanam di botol di kamar, yang pencahayaan cuma dari lampu saja, akarnya terus memanjang dan cabang-cabang daunnya bertambah. Apalagi kalau naruhnya di tempat yang penuh cahaya, pasti lebih baik lagi.

Selain keempat tanaman di atas, saya juga tahu kalau janda bolong ternyata bisa juga di air. Ibu saya pernah nyoba. Saya belum. Sebab sampai sekarang ibu melarang saya memotek janda bolongnya.

Namun, yang terpenting, semua tanaman tadi perlu cahaya yang cukup. Kalau kamarmu ada jendela yang menghadap matahari, silakan. Kalau tidak, mending urungkan niat atau taruh saja di ruang tamu yang dekat pintu.

Jangan pernah sia-siakan kehidupan, meski sekadar tanaman. That’s the best quote of the day.

NB: Kesalahan istilah dan tata cara mohon dikoreksi atau ditambahkan di kolom komentar. Maklumi saya sebagai pemula.

Bagikan Tulisan Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mungkin Kamu Tertarik