Manual Book Apple II yang Ditandatangani Steve Jobs Laku Rp11 Miliar

STEVE JOBS

BINGUNGBACA – Buku manual Apple II yang ditandatangani mendiang pendirinya, Steve Jobs dijual oleh balai lelang RR Auction di Boston pada Kamis (19/8/2021) lalu seharga US$787.484 atau sekitar Rp11,3 miliar.

Buku panduan setebal 196 halaman itu ditandatangani dan ditulis pada seberang daftar isinya.

“Julian, Generasi Anda adalah generasi pertama yang tumbuh dengan komputer. Ubahlah dunia! steven jobs, 1980.”

Buku itu juga ditandatangani oleh investor awal di Apple dan CEO kedua perusahaan tersebut, Mike Markkula.

Pemilik Indianapolis Colts, Jim Irsay memenangkan lelang buku manual Apple II tersebut.

“Ketika kita memikirkan pemikir terhebat dan paling inovatif dalam dua abad terakhir, Steve Jobs pasti termasuk di antara mereka,” kata Irsay.

“Steve Jobs adalah sosok yang benar-benar transformatif yang mengubah cara manusia berpikir, berbisnis, dan berinteraksi setiap hari,” katanya juga.

Diberitakan CNN pada Senin (23/8), buku manual itu ditandatangani saat Jobs dan Markkula berada di Inggris untuk mempromosikan Apple, kata RR Auction. Penerimanya adalah Julian Brewer, putra seorang pengusaha yang bekerja dengan Apple untuk mendistribusikan produknya di Inggris.

“Saya sedang duduk di kamar, menulis permainan di Apple II ketika Ayah memanggil saya untuk menemui beberapa tamu,” kata Brewer.

“Yang membuat saya takjub adalah tamu itu ternyata Steve Jobs dan Mike Markkula. Saya membawa buku manualnya dan baru kemudian saya mengerti betapa jarangnya Jobs menandatangani apa pun, apalagi menulis kutipan seperti ini. Dia bergaul baik dengan Ayah, jadi saya merasa prasasti itu dibuat dengan hati-hati,” kata Brewer.

Apple II adalah produk pertama yang dianggap sebagai salah satu komputer pertama yang dibuat untuk pasar massal.

Spreadsheet komputer pertama, VisiCalc, ditulis untuk Apple II pada 1979 dan memperluas popularitas komputer ke pasar bisnis.

“Ketika Apple I ditujukan terutama untuk para pehobi, dengan kurang dari 200 unit yang dibuat, Apple II benar-benar mengubah dunia dengan memberikan kepada sekitar 6 juta rumah dan bisnis cita rasa pertama komputasi pribadi mereka. Pendapatan Apple II mendukung keberhasilan Apple floatation, the IPO teknologi terbesar saat itu,” kata RR Auction.

*Dikutip dari Tempo.co pada Senin (23/8/2021) dengan judul Buku Manual Apple II yang Ditandatangani Steve Jobs Laku Rp11 Miliar

Bagikan Tulisan Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mungkin Kamu Tertarik