Menulis

BINGUNGBACA – Ada banyak pekerjaan di dunia ini. Semuanya, tentu dilakukan demi mendapatkan sesuatu alias penghasilan. Namun, dari sekian banyak pekerjaan, Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebutkan yang paling baik adalah yang dikerjakan dengan tangan sendiri.

Dilansir dari Rumaysho.com, dalam hadis 782 Bulughul Maram Kitab Al-Buyu’ yang berbunyi:

Dari Rifa’ah bin Raafi’ radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ditanya mengenai mata pencaharian yang halal? Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Amalan seseorang dengan tangannya dan setiap jual beli yang diberkahi.” (HR. Al-Bazzar dan disahihkan oleh Al-Hakim) [HR. Al-Bazzar, 9:183; Al-Hakim, 2:10; Ahmad, 4:141. Syaikh Syu’aib Al-Arnauth mengatakan bahwa hadits ini hasan dilihat dari jalur lainnya].

Dari hadis tersebut dapat diambil beberapa faedah, di antaranya kita disuruh kerja, itulah yang namanya tawakal. Sahabat nabi sangat semangat mencari kerja yang halal, bukan mencari kerja yang banyak penghasilannya. Pekerjaan seseorang dengan tangannya adalah pekerjaan yang paling asal, karena Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mendahulukan pekerjaan dengan tangan, lalu jual beli yang mabrur. Kemudian, bekerja lebih utama dari meminta-minta (mengemis).

Syaikh ‘Abdullah Al-Fauzan mengatakan, pekerjaan yang paling bagus adalah pekerjaan yang sesuai dengan keadaan setiap orang, dan saling mendukung antara mukmin yang satu dan lainnya.

Dalam hadis lain juga disebutkan hal serupa:

Tidaklah seseorang memakan suatu makanan yang lebih baik dari makanan yang ia makan dari hasil kerja keras tangannya sendiri. Karena Nabi Daud ‘alaihis salam dahulu juga makan dari hasil kerja keras tangannya. (HR. Bukhari, no. 2072, dari Al-Miqdad).

Bahkan, sebagaimana disebutkan dalam hadits ini, mencari kerja dengan tangan sendiri sudah dicontohkan oleh para nabi seperti Nabi Daud ‘alaihis salam.

Dalam Minhah Al-‘Allam, 6:9, beberapa pekerjaan yang dikategorikan masuk dalam pekerjaan dengan tangan sendiri adalah bercocok tanam, kerajinan, mengolah kayu, pandai besi, dan menulis.

Lihat penjelasan mengenai perselisihan pendapat para ulama soal pekerjaan yang diberkahi dalam artikel Inilah Pekerjaan Terbaik Menurut Nabi Muhammad

Bagikan Tulisan Ini

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mungkin Kamu Tertarik