Vaksinasi Rabies Hewan Peliharaan, Pentingkah?

BINGUNGBACA – Vaksinasi rabies pada hewan peliharaan, bukan cuma untuk kepentingan si hewan, tapi juga demi keselamatan manusia.

Rabies atau yang sering disebut ‘penyakit anjing gila’ adalah penyakit menular akut yang menyerang susunan saraf pusat, baik pada manusia, maupun hewan berdarah panas. Tentu saja, virus penyebabnya bernama rabies.

Rabies ditularkan melalui air liur anjing, kucing, dan kera. Saat hewan rabies menggigit dan menyebabkan luka terbuka, dari situlah virus menular.

Sumber utama rabies adalah anjing. Setelah itu kucing dan kera. Tapi, di luar negeri dikabarkan penularan rabies juga dibawa kelelawar, serigala, sigung, bahkan rakun.

Baca juga: Ada Vaksinasi Rabies Gratis di Pekanbaru September Ini, Cek Jadwalnya!

Masa inkubasi (masa masuknya virus ke dalam tubuh sampai menimbulkan gejala penyakit) pada hewan antara 3 hingga 8 minggu. Sedangkan pada manusia bervariasi, biasanya 2 sampai 8 minggu, kadang-kadang 10 hari sampai 2 tahun. Namun, dikutip dari website Diskes Bali, rata- rata inkubasi pada manusia berkisar 2 hingga 18 minggu saja.

Cara penularan virus rabies pada hewan beda dengan manusia. Pada hewan melalui gigitan hewan yang menderita rabies ke hewan sehat. Sedangkan penularan pada manusia, terbagi dua, yaitu dari hewan ke manusia melalui gigitan hewan yang air liurnya mengandung virus rabies, dan nongigitan melalui jilatan hewan yang mengandung virus rabies pada luka, selaput mukosa yang utuh, selaput lendir mulut, selaput lendir anus, ataupun selaput lendir alat genitalia eksterna dan melalui inhalasi.

Sedangkan penularan dari manusia ke manusia melalui transplantasi kornea, kontak air liur penderita ke mukosa mata. Bahkan, pernah ada laporan orang sehat setelah digigit oleh penderita rabies, mengalami sakit rabies juga.

Untuk gejala hingga cara mengantisipasi apabila terkena gigitan hewan yang dicurigai mengidap rabies, silakan baca pada artikel kesehatan Bahaya Penyakit Rabies.

Intinya, vaksinasi rabies pada hewan tidak hanya menolong hewan kesayangan kita, tapi juga menjaga agar orang lain terhindar dari risiko-risiko yang tidak diinginkan.

Bagikan Tulisan Ini

3 Comments

  1. Youre so cool! I dont suppose Ive learn anything like this before. So nice to find anyone with some authentic thoughts on this subject. realy thanks for beginning this up. this web site is something that’s wanted on the net, someone with just a little originality. helpful job for bringing something new to the web!

  2. very nice post, i certainly love this website, keep on it

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mungkin Kamu Tertarik